Ular memang salah satu hewan reptil yang paling menakutkan, ya. Namun, tahukah kamu ada jenis ular di Indonesia yang termasuk ular terbesar di dunia? Kali ini, akan dibahas tiga ular raksasa dan berbahaya. Penasaran apa aja? Simak semuanya dibawah ini.

Ular pertama yang masuk dalam kategori ini adalah ular anakonda berwarna hijau. Ular anakonda banyak ditemukan di Amerika Selatan yang panjangnya bisa lebih dari 8 meter dengan lebar 1 meter. Saking besarnya, ular ini beratnya bisa mencapai 250 kilogram, lho!

Penampilan fisik ular anakonda hijau sangat menarik, karena memiliki warna hijau kecoklatan/hijau lumut dengan bercak-bercak berbentuk bundar. Meskipun ukurannya raksasa dan sangat berat, ular ini ternyata tidak berbisa/beracun. Namun, senjata utama ular anakonda dalam menyerang mangsanya cukup berbahaya, yaitu melilitnya hingga mati.

Selanjutnya, ular sanca kembang merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang berada di indonesia. Karena penampilan fisiknya yang menyerupai batik, terkadang orang menjulukinya dengan sebutan ular sanca batik atau sanca timur laut.

Tak tanggung-tanggung, panjang ular sanca kembang bisa mencapai 8,5 meter. Meskipun ukurannya sangat besar, namun banyak orang Indonesia yang justru memeliharanya di rumah. Hal ini dikarenakan kulit ular ini banyak diperdagangkan dan diekspor ke luar negeri. Tak heran jika banyak orang malah memburu ular ini untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Di urutan ketiga, ular raksasa dunia jatuh pada ular jenis sanca bodo. Ular ini memiliki panjang antara 5 hingga 7 meter dengan berat 137-160 kilogram. Awalnya, ular ini masuk kedalam jenis ular phyton namun akhirnya memiliki spesies tersendiri karena coraknya yang berbeda. Ular jenis ini banyak ditemukan di daerah tropis di  negara-negara Asia Tenggara.

Dari segi penampilan, corak ular sanca bodo sangat tajam dan indah. Warna kulitnya bervariasi antara coklat atau abu-abu dengan bercak berwarna merah. Ular ini biasa mendiami tempat lembap yang dekat dengan sumber air untuk kelangsungan hidupnya.

Secara umum, ketiga ular raksasa yang sudah disebutkan tadi memangsa tikus, ayam, monyet, dan rusa. Namun, terkadang ular-ular ini juga tak segan untuk memangsa manusia. Saat musim kawin, ular ini bisa menghasilkan telur 40 hingga ratusan. Bayi ular yang baru lahir saja bisa mencapai setengah meter lebih.

Nah, itu tadi tiga ular terbesar di dunia. Semoga dengan informasi ini dapat menambah wawasanmu tentang aneka fauna di dunia ya!

 

By Raju