Saat ini penggunaan AC sudah mulai banyak digunakan, mulai dari rumah, toko, kantor, pabrik, ruko rasanya hampir semua tidak lepas dari penggunaan AC ini. Berbagai pilihan harga serta model yang ditawarkan, menjadikan kita harus benar-benar jeli dalam memilih AC agar sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.

Ketika kita akan melakukan pemasangan AC, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu listrik yang kita punya di rumah. Ini karena listrik merupakan sumber energi bagi AC agar bisa berfungsi secara optimal. Sehingga pada saat pemasangan AC kita juga harus melakukan pemasangan instalasi listrik AC terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Karena setiap AC mempunyai karakteristik yang berbeda maka pemasangan instalasi listrik ini juga harus menyesuaikan dengan AC yang ada. Yang paling penting adalah kita harus paham tentang kebutuhan daya serta kapasitas daya yang digunakan untuk AC tersebut.

Apabila kapasitas daya listrik yang kita miliki lebih kecil daripada daya yang dibutuhkan oleh AC  atau watt listrik kurang dari watt AC, maka tentunya kita tidak akan bisa memakai AC tersebut karena dipastikan apabila kita memaksakan untuk memasang AC tersebut maka listrik akan mati.

Hal itu pun akan sama ketika daya listrik yang kita punya sama dengan daya listrik yang dibutuhkan oleh AC. Maka kita masih bisa menggunakannya dirumah, akan tetapi kita tidak dapat menggunakan peralatan listrik yang lain. Dan inipun akan sangat membuat tidak nyaman bagi para pengguna.

Harusnya yang dapat kita lakukan adalah daya listrik yang kita miliki haruslah lebih besar daripada daya AC yang dibutuhkan. Sehingga kita dapat menggunakan AC tersebut dengan aman dan nyaman, tanpa suatu kendala yang berarti.

Sebelum memasang instalasi listrik AC ini sebenarnya tidak ada perbedaan cara pemasangannya antara satu tempat dengan tempat yang lain apabila menggunakan tipe AC yang sama. Pastikan bahwa pemasangan instalasi listrik AC dilakukan oleh tenaga profesional dan berpengalaman. Karena jika kita salah dalam pemasangan instalasi AC tersebut, akan menjadikan kinerja AC tidak bisa maksimal.

Perhatikan instalasi listrik yang digunakan untuk memasang AC. PLN menyediakan 2 macam instalasi listrik yaitu instalasi listrik 1 phase dan instalasi listrik 3 phase.

Cara pemasangan instalasi listrik AC (instalasi listrik 1 phase)

Perlu kita ketahui bersama bahwa instalasi listrik 1 phase ini memiliki dua buah kabel. Kabel tersebut terdiri dari kabel phase (tegangan) dan kabel 0 (netral ). Pemasangan instalasi listrik AC dalam 1 phase terlihat sangat sederhana. Kita hanya perlu memperhatikan pemberian pengaman tambahan pada jalur instalasi listrik AC. Penggunaan pengaman tersebut biasanya dengan menggunakan MCB.

Cara pemasangan Instalasi listrik AC (instalasi listrik 3 phase )

Pada instalasi listrik 3 phase ini terdiri dari 4 buah kabel. Diantaranya adalah 3 buah kabel phase (tegangan) dan satu buah kabel 0 (netral). Yang harus diperhatikan dalam penggunaan listrik 3 phase ini adalah kita harus tahu cara pembagian beban pada setiap jalur phasenya. Pemasangan ini juga harus tetap memberikan pengaman pada setiap jalur instalasinya dengan menggunakan MCB.

Tips Agar Penggunaan AC Tidak Boros

Biasanya pemasangan AC akan menambah biaya beban listrik dirumah. Oleh karena itu kita juga harus memilih AC yang tepat agar membuat nyaman serta pengeluaran listrik yang dipakai tidak terlalu banyak. Dibawah ini adalah langkah-langkah agar penggunaan AC tidak terlalu membuat boros pengeluaran listrik :

Cek daya Listrik serta instalasi listrik dirumah

Ini dimaksudkan agar tidak terjadi overload dalam penggunaan AC pada kabel yang bisa menyebabkan kebakaran. Pengecekan ini dilakukan oleh tenaga listrik yang berpengalaman.

Perhatikan besaran PK yang digunakan

Dalam penentuan PK ini kita juga harus memperhatikan besarnya ruangan yang akan diberi AC. Semakin besar PK yang dimiliki oleh AC, maka makin besar pula kemampuan AC tersebut dalam membuat ruangan agar cepat dingin.

Gunakan AC inverter

Harga untuk AC inverter biasanya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan AC non inverter. Untuk AC inverter sebaiknya digunakan jika ruangan tersebut tertutup dan tidak banyak aktifitas orang yang keluar masuk ruangan tersebut. Sedangkan penggunaan AC non inverter biasa digunakan untuk ruangan yang selalu lebih terbuka.

Perhatikan ventilasi udara

Tutuplah lubang ventilasi udara yang akan dipasangi AC dengan menggunakan karton ataupun plastik. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi AC. Sebaiknya dalam pemasangan AC juga jangan diletakkan diatas pintu.

Untuk pemasangan AC outdoor sebaiknya diletakkan pada ruang terbuka untuk memudahkan proses maintenance AC sendiri.

Pilih AC dengan fitur kesehatan

Sekarang banyak sekali AC yang dijual dipasaran yang sudah memiliki berbagai macam fitur canggih yang berguna untuk kesehatan kita. Misalnya AC dilengkapi dengan plasma filter,plasmacluster,plasmaster dan nanoe-g.

Pilih AC yang sesuai dengan kebutuhan kita

Pastikan kita membeli Ac sesuai dengan yang kita butuhkan. Jangan tergiur dengan harga murah dan diskon. Kita bisa meminta penjelasan mengenai AC yang dijual kepada toko yang terpercaya.

Lakukan Pengecekan

Sebaiknya dalam menggunakan AC lakukan pengecekan secara berkala. Pengecekan tersebut dilakukan 10 bulan sekali untuk menjaga agar AC awet digunakan dengan meminta bantuan Service ac jogja.

 

By Raju