Indonesia terkenal sebagai wilayah hutan tropis, hal tersebut membuat banyak hewan yang hidup secara bebas di hutan, salah satunya adalah burung. Burung merupakan salah satu hewan yang sering dipelihara oleh orang. Ada beberapa alasan yang membuat orang tertarik untuk memelihara burung. Biasanya burung yang banyak dipelihara mempunyai keunikan, misalnya seperti mempunyai suara yang merdu, ciri fisik yang unik, warna bulu yang cantik, dan beberapa hal lainnya. Burung yang mempunyai suara merdu menjadi burung yang paling banyak diminati karena bisa dijadikan sebagai ajang perlombaan.

Burung cak jenggot adalah salah satu jenis burung yang bisa ditemukan di Indonesia. Burung ini sangat populer dibandingkan dengan burung lainnya karena mempunyai suara yang merdu. Saking merdunya membuat burung ini sering dijadikan sebagai ajang perlombaan. Cak jenggot mempunyai suara yang cukup berbeda dari burung lainnya, sehingga sangat mudah untuk menemukan keberadaan dari burung tersebut. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai ciri – ciri dari butung cak jenggot dan juga suara yang dimilikinya.

Burung cak jenggot memang terkenal sebagai burung hewan peliharaan. Walaupun sering dipelihara oleh orang namun tahukah anda bahwa burung tersebut bisa berubah menjadi ganas? Ya, burung cak jenggot bisa berubah menjadi ganas ketika ada yang menganggu sarangnya. Walaupun bisa menjadi ganas namun burung cak jenggot hanya akan menjadi ganas jika ada hal – hal tertentu saja. Ketika dirinya tidak merasa terancam maka burung tersebut akan menunjukan sikap yang baik. Ada beberapa ciri fisik khusus yang dimiliki burung satu ini. Antara burung cak jenggot betina dan jantan mempunyai ciri fisik yang berbeda yang memudahkan untuk menentukannya.

Ciri fisik burung cak jenggot jantan yakni mempunyai suara yang lebih bervariasi dibandingkan dengan betina. Sehingga anda tidak akan mendengar kicauan yang monoton. Burung cak jenggot jantan memang mempunyai suara yang bervariasi namun hal tersebut tidak lantas membuat pecinta burung menyukai burung jenis jantan tersebut. Sebaliknya pecinta burung lebih menyukai jenis cak jenggot betina. Selain itu bentuk fisik burung jantan juga lebih simetris dibandingkan betina. Selain itu pada bagian dada burung jantan mempunyai warna kuning. Itulah beberapa ciri fisik burung cak jenggot jantan yang mudah untuk dikenali.

 
pxhere.com

Suara Burung Cak Jenggot

Ciri fisik burung cak jenggot betina sedikit berbeda dengan burung jantan, hal tersebut membuat kedua jenis burung ini sangat mudah untuk dibedakan. Burung betina mempunyai suara yang monoton sehingga terdengar hanya mengeluarkan kicauan yang sama. Bagian fisik burung betina juga tidak simetris seperti burung jantan. Sedangkan untuk bagian dadanya burung betina mempunyai warna putih. Ciri fisik antara burung betina dan burung jantan memang sangat berlawanan yang semakin memudahkan anda untuk mengenal burung cak jenggot.

Ciri – ciri burung cak jenggot yang sudah dipaparkan di atas tentunya semakin membuat anda paham mengenai burung tersebut. Burung cak jenggot sangat mudah ditemukan di Indonesia. Lalu berapa harga dari burung cak jenggot? Mengingat burung tersebut termasuk burung yang banyak diminati maka harga dari burung tersebut sangat tinggi. Belakangan ini harga jual burung cak jenggot memang mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Walaupun dijual dengan harga yang mahal namun tetap saja banyak yang minat dan ingin mempunyai burung tersebut.

Apa yang membuat harga burung cak jenggot tinggi? Memang tidak semua jenis burung mempunyai harga yang mahal. Hanya burung yang mempunyai keunikan saja yang dijual dengan harga yang mahal. Burung cak jenggot dijual dengan harga yang mahal dengan catatan khusus. Harga burung cak jenggot akan semakin mahal jika suara yang dimiliki burung tersebut nada tembakannya panjang dan sangat keras. Sehingga munculah perlombaan suara untuk burung cak jenggot.

Walaupun burung cak jenggot jantan mempunyai suara yang bervariasi namun tahukah anda bahwa yang paling banyak diminati adalah burung betina. Ya, cak jenggot betina lebih banyak diminati dari pada cak jenggot jantan. Jika anda tertarik untuk mempunyai burung cak jenggot sebagai peliharaan anda bisa mulai memilih burung yang anda inginkan. Pada dasarnya bentuk dari burung cak jenggot jantan dan betina hampir sama. Terkadang orang tidak bisa membedakan antara betina dan jantan. Menggunakan ciri fisik yang sudah dijelaskan di atas bisa mulai anda manfaatkan dalam membedakan antara jantan dan betina.

pxhere.com

Apa uniknya suara burung cak jenggot? Suara pada burung yang satu ini lebih lantang jika dibandingkan dengan burung lainnya. Selain itu suaranya juga sangat indah. Kicauannya mampu membuat orang tertarik untuk memeliharanya. Bahkan suara kicauan tersebut bisa dijadikan sebagai hiburan. Masuk dalam daftar burung berkicau membuat burung cak jenggot sangat terkenal.

Di kalangan para pecinta burung, burung cak jenggot bukanlah burung yang asing. Bahkan burung tersebut menjadi burung yang sangat terkenal dibandingkan dengan burung berkicau lainnya. Jika anda tertarik untuk memiliki burung ini anda bisa mulai memeliharanya. Cara merawat burung cak jenggot sangat mudah untuk dilakukan. Mulai dari cara merawat hingga pemberian makan sangat mudah untuk dilakukan.

By Raju