Rasulullah SAW adalah salah satu nabi yang mana semasa hidupnya selalu menjalin tali persahabatan dan silaturahmi dari berbagai macam golongan. Salah satunya adalah golongan orang kaya yang baik hati sekaligus dermawan. Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai kisah sahabat Nabi yang dermawan. Siapa saja? Simak selengkapnya disini.

Sahabat Nabi yang Dikenal Dermawan

  1. Sa’ad bin Abi Waqqash

Sa’ad bin Abi Waqqash adalah salah satu sahabat nabi yang tergolong dermawan. Pada awalnya, Sa’ad pertama kali masuk Islam yakni ketika usianya menginjak 17 tahun. Dimana sea hidupnya selalu mengikuti pertempuran dan peperangan melawan kaum Quraisy. Kiprahnya dalam peperangan pun tidak bisa dianggap sebelah mata.

Pasalnya, beliau sempat menjadi salah satu pemimpin perang ketika melawan Persia. Bisa dikatakan jika perang tersebut adalah salah satu perang yang cukup besar dan juga bersejarah bagi umat Islam. Beliau juga dikenal sebagai sosok yang pemberani. Sebelum meninggal, salah satu sahabat nabi yang dikenal dermawan ini meninggalkan warisan yakni sebesar 250 ribu dirham.

  1. Thalhah bin Ubaidillah

Ada pula kisah sahabat nabi yang dermawan selanjutnya yakni Thalhah bin Ubaidillah. Sahabat Rasul satu ini memang memiliki sifat yang terbilang cukup terpuji. Beliau wafat ketika mengikuti Perang Uhud. Dikisahkan jika Thalhah bin Ubaidillah ini merupakan salah satu sahabat nabi kedelapan yang pertama kali masuk Islam.

Tidak hanya memiliki sifat dermawan saja, sahabat nabi satu ini juga melindungi Rasulullah SAW ketika perang Uhud. Dimana sekujur tubuhnya menerima sekitar 70 luka dari sabetan pedang, anak panah dan tusukan tombak. Bahkan jari jarinya sendiri pun terpotong. Untuk kekayaannya sendiri, Thalhah memiliki uang 2.2 juta dirham dan menyedekahkan hartanya yakni sekitar 300 ribu dirham.

  1. Utsman bin Affan

Sahabat nabi berikutnya yang dikenal dengan sifatnya yang dermawan adalah Utsman bin Affan. Beliau memang sosok yang tersohor lantaran kekayaan yang dimilikinya. Selain kaya raya, sifatnya yang dermawan pun telah terdengar. Sehingga banyak orang di jamannya, mengenal beliau sebagai salah satu saudagar yang sukses.

Bahkan saking dermawannya, Utsman pun menyedekahkan hartanya yakni untuk kepentingan syiar agama Islam. Di jaman tersebut, Utsman pun telah memiliki kekayaan yakni sekitar 30 juta dirham, 150 ribu dinar dan juga 1000 ekor unta. Selain itu, kekayaan lain yang tidak bisa digantikan secara materi adalah berhasil meminang dua orang putri dari Rasulullah.

  1. Abdurrahman bin Auf

Selanjutnya, terdapat Abdurrahman bin Auf yang dikenal memiliki sifat dermawan. Memiliki sia yang tergolong lebih muda 10 tahun dari Rasulullah, beliau juga termasuk orang yang masuk ke Islam. Semasa hidupnya, Abdurrahman bin Auf ini memiliki empat orang istri. Dan ketika beliau wafat, masing masing istri diberikan warisan yakni sekitar 100 ribu dinar.

Untuk total kekayaan dari Abdurrahman bin auf sendiri ketika meninggal yakni sekitar 3.2 juta Dinar. Ditambah lagi, dengan aset yang lain yakni 100 ekor unta, 3 ribu kambing dan juga 100 ekor kuda. Sehingga beliau memang dikatakan sebagai salah satu sahabat nabi yang paling kaya semasa hidupnya.

Itulah beberapa deretan sahabat dari Rasulullah yang memiliki sifat dermawan. Kekayaan yang dimiliki ternyata tidak membuat sifat kikir. Bisa saja, sahabat tersebut merupakan salah satu dari 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga karena memiliki sifat yang sangat dermawan tersebut. Sehingga pelajaran yang dipetik adalah jangan menjadi pelit ketika anda sedang kaya.

By Raju