Menjadi salah satu obat herbal yang kini sedang naik daun, propolis memang memiliki manfaat yang tak bisa diragukan lagi. Tak ayal jika banyak orang yang mengklaim produk lebah ini dapat membantu menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit termasuk ibu hamil. Maka dari itu, berikut manfaat propolis untuk ibu hamil yang caesar untuk anda ketahui.

Mengenal Lebih Dekat dengan Propolis

Perlu anda ketahui, bahwa propolis menjadi salah satu produk yang dibuat secara langsung oleh lebah madu. Lazimnya, propolis ini dimanfaatkan untuk membuat sarang sebagai tempat tinggalnya. Menurut salah satu dokter bahwa propolis atau bee glue merupakan produk oleh lebah yang dikumpulkan dari tanaman dan eksudat hewan.

Karena memiliki tekstur yang waxy layaknya lilin, tak ayal jika propolis berfungsi guna konstruksi dan perbaikan dari sarang lebah. Biasanya lem lebah ini akan dikumpulkan guna menutupi lubang kecil yang terdapat pada sarang lebah hingga enam milimeter. Sedangkan lubang yang lebih besar, umumnya digunakan malam lebah untuk menutupinya.

Warna yang terdapat pada propolis ini ternyata tergantung pada sumber tumbuhan yang dipakai. Meskipun begitu, pada umumnya lem lebah ini berwarna cokelat tua. Menariknya propolis akan memiliki sifat yang lebih lengket dikala suhu ruangan berada di atas 20 derajat celsius. Tekstur inilah yang berperan sebagai manfaat propolis untuk ibu hamil yang caesar.

Sejatinya, produk lem lebah ini memiliki komposisi kimiawi yang bervariasi tergantung dari mana bahan yang dikumpulkan. Salah satu penelitian berhasil menemukan bahwa lebah yang mengumpulkan madu dari poplar memiliki komposisi, diantaranya chrysin, pinobanksin and its 3-O-acetate, pinocembrin, galangin, dan masih banyak lagi lainnya.

Berbeda pula dengan jenis propolis lainnya yang berasal dari lebah madu di tempat lainnya. Karena hal inilah, membuat setiap hasil penelitian akan memperlihatkan kandungan nutrisi yang jauh berbeda. Meskipun begitu, para peneliti telah sepakat bahwa secara umum dalam propolis mengandung kurang lebih 300 jenis senyawa aktif di dalamnya.

Beberapa diantaranya yakni balsam, resin, serbuk sari, minyak aromatik, dan bahan organik lainnya. Dimana keseluruhan senyawa ini terkandung dalam bentuk polifenol dan flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan guna melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Berkat kandungan inilah, banyak penyakit berhasil disembuhkan oleh lem lebah.

Sebetulnya kepamoran propolis dalam dunia kesehatan dipengaruhi pula oleh kemampuannya guna menekan pertumbuhan bakteri, virus, dan fungi dalam tubuh manusia. Bukan hanya itu saja, propolis pula mampu meredakan inflamasi atau peradangan yang kerap kali terjadi tatkala penyakit menyerang. Hal ini tentunya telah dibuktikan oleh beberapa penelitian di sejumlah rumah sakit.

Dalam sebuah kanal bernama U.S. National Library of Medicine, menjelaskan bahwa pengobatan yang mungkin bisa dilakukan lebih efektif menggunakan propolis ialah herpes pada mulut dan herpes kelamin. Selain itu, lem lebah juga bisa mempercepat penyembuhan serta mengurangi radang dan rasa sakit setelah operasi mulut.

Khasiat Propolis Untuk Ibu Hamil yang Caesar

Apakah anda tahu, bahwa propolis ini telah dikenal sejak ratusan tahun lamanya lebih tepatnya yakni sejak tahun 350 sebelum masehi. Dimana pada saat itu, terdapat beberapa negara yang mulai menaruh perhatian pada lem lebah dan mencoba memanfaatkannya di dunia kesehatan. Siapa sangka, jika hasilnya sungguh diluar ekspektasi yang mana mampu menyembuhkan dalam sekejap.

Hingga kini pun, populeritas propolis semakin meningkat hingga seluruh penjuru dunia. Meski masih terdapat penelitian yang masih belum menunjukkan keakuratannya dalam tangani kesehatan. Namun, saat ini banyak orang yang mulai berbondong bondong membeli dan menggunakannya untuk segala kalangan. Tak ayal jika ibu hamil pun bisa memanfaatkannya.

Sebenarnya, pemakaian propolis untuk ibu hamil itu sah sah saja. Bahkan jika perlu disarankan asalkan dengan dosis dan cara pemakaian yang sesuai anjuran. Tak hanya itu saja, manfaat propolis untuk ibu hamil yang caesar ini akan aman jika ia tidak memiliki alergi terhadap lebah. Pasalnya, propolis terbuat dari getah lebah madu yang dicampur dengan berbagai bahan lainnya.

Selain itu, jika si ibu hamil juga tak memiliki penyakit asma maka diperbolehkan untuk menggunakan produk dari getah lebah madu ini. Hal ini ternyata diperkuat oleh salah satu dokter yang menyatakan bahwa produk madu aman dalam kehamilan asalkan digunakan sebagaimana sedikit. Masih sedikit pula yang mengeluhkan efek samping tatkala menggunakannya.

Mengingat propolis memiliki segudang manfaat salah satunya menyembuhkan luka, sehingga hal ini sangat bagus untuk diterapkan bagi ibu hamil yang caesar. Lantaran pasca melahirkan, pastinya ibu akan memiliki luka bekas operasi. Untuk itu, tidak ada salahnya jika ibu mencoba mengoleskan propolis pada luka tersebut selama beberapa kali dalam sehari.

Kemampuan menyembuhkan luka ini sebetulnya datang dari senyawa khusus yang seringkali disebut dengan pinocembrin. Dimana senyawa ini berperan sebagai antiradang dan antimikroba. Jadi tak heran, jika zat bernama pinocembrin ini memiliki peranan  untuk mempercepat penyembuhan luka baik itu akibat jatuh maupun sayatan benda tajam sekalipun.

Bahkan hal ini telah diperkuat oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Inflamo Pharmacology, menyebutkan bahwa mereka telah menemukan khasiat lem lebah guna membantu menyembuhkan luka dengan mempercepat pertumbuhan sel baru. Hebatnya lagi, ternyata yang dimaksudkan dalam luka ini termasuk ke dalam luka bekas operasi caesar juga.

Dalam penelitian tersebut diketahui, apabila ekstrak propolis dioleskan di atas luka ternyata ampuh untuk meminimalisir sel mast. Dimana sel ini memiliki fungsi yakni untuk merangsang peradangan dan memperlambat penyembuhan luka pada tubuh manusia. Karena hal inilah, propolis atau lem lebah ini semakin populer dan tersohor hingga penjuru nusantara.

Hebatnya lagi, berkat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya mampu menghalangi perjalanan peradangan yang kerap kali terjadi usai operasi caesar. Agar bisa mendapatkan manfaat propolis untuk ibu hamil yang caesar satu ini, alangkah baiknya bila anda menggunakan produk British Propolis untuk hasil yang lebih memuaskan dan maksimal.

Sudah menjadi kabar umum, jika pasca operasi caesar akan meninggalkan bekas luka yang tak bisa sembuh dalam waktu sekejap. Tak heran bila banyak orang yang berusaha mencari segala macam cara agar luka tersebut bisa sembuh, salah satunya dengan memanfaatkan propolis atau lem lebah. Selain berkhasiat untuk obati luka bakar semata, propolis juga ampuh untuk menyembuhkan luka caesar.

By Raju