Nabi Hud AS lahir setelah wafatnya Nabi Nuh 300 tahun. Nabi Hud merupakan utusan dari Allah sebagai generasi pertama yang berada di Yaman atau di kuam ‘Aad. Kaum ‘Aad merupakan orang Arab yang bertempat tinggal di Istana yang sangat megah. Kaum ‘Aad adalah kaum yang menyembah berhala setelah zamannya Nabi Nuh. Kaum ‘Aad dianggap sebagai kaum yang sangat luar biasa dan memiliki kemampuan sangat baik dalam berbagai hal.

Kaum ‘Aad ini mampu membangun sebuah bangunan terbaik dibandingkan negeri lainnya.  Kaum tersebut memiliki kemampuan baik untuk membuat bangunan tertinggi sehingga melupakan nikmat yang telah diberikan oleh AllahSWT. Keberadaan Nabi Hud AS ingin mengajak para kaum ‘Aad untuk meninggalkan berhala. Tidak mudah bagi Nabi Hud AS untuk mengajak kaum ‘Aad kembali ke jalan yang benar.

Nabi Hud AS Mengajak Kaum ‘Aad Meninggalkan Berhala

Tuhan mengutus Nabi Hud untuk mengajak para kaum ‘Aad untuk kembali hanya menyambah Allah SWT. Kaum ‘Aad tidak terima dengan ajakan Nabu Hud untuk meninggalkan berhala. Nabi Hud AS mendapatkan celaan dari kaum ‘Aad dimana Nabi Hud dianggap tidak mampu memberikan manfaat yang baik untuk kaumnya. Tindakan kaum ‘Aad kepada Nabi Hud yang parah membuat Allah murka kepada kaum tersebut. Hingga akhirnya Allah memberikan azab kepada kaum ‘Aad.

Azab yang diterima oleh kaum ‘Aad berupa hujan tidak turun hingga 3 tahun lamanya. Walaupun hujan tidak turun dalam kurun waktu 3 tahun namun kaum ‘Aad tetap ingkar dan bahkan tidak ingin menyambah Allah. Allah kembali memberikan azab kepada kaum tersebut dengan mengirimkan angin kencang selama 7 hari 8 malam. Azab tersebut diberikan untuk memusnahkan seluruh kaum ‘Aad.

Azab – azab yang diberikan Allah SWT kepada kaum ‘Aad hanya untuk orang – orang yang khafir saja. Allah menyelamatkan Nabi Hud AS dan orang – orang yang beriman dari azab tersebut. Nabi Hub AS memiliki sifat sabar mampu menasehati kaumnya. Menjalankan tugas yang sulit tersebut Nabi Hub AS senantiasa selalu berzikir dan juga berdoa kepada Allah SWT.

Alasan Allah Membinasakan Kaum ‘Aad

Tuhan memiliki banyak alasan untuk membinasakan kaum ‘Aad tersebut dari muka bumi ini. Allah SWT membinasakan kaum ‘Aad karena kaum tersebut tidak menyembah dirinya melainkan menyembah berhala. Kaum ‘Aad juga termasuk kaum yang sombong atas nikmat yang didapatkannya. Selain itu kaum tersebut telah berani untuk menghina dan bahkan meremehkan Nabi Hud AS. Penyebab lainnya adalah kaum ‘Aad merupakan kaum yang kufur  kepada Allah Ta’ala. Itulah alasan Allah SWT untuk membinasakan kaum ‘Aad. Kisah perjalanan Nabi Hud untuk lengkapnyabisa anda temukan melalui situs hasana.

By Raju