Salah satu daya tarik dari burung jenis kepodang adalah suara kicauannya yang nyaring. Tak hanya itu, burung tersebut juga diketahui mampu menirukan suara burung dari jenis lainnya. Namun terkadang karena alasan tertentu, burung yang berbulu cantik ini enggan untuk berkicau. Sebagai solusi akan permasalahan tersebut, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini agar kicau kepodang terdengar lagi dan juga semakin memukau.

5 Tips untuk Merawat Kepodang agar Rajin Berkicau

  1. Tempatkan Burung di Lokasi yang Tenang

Burung yang enggan berkicau adalah disebabkan karena stres yang mendera. Stres tersebut juga dapat disebakan karena tempat atau lokasi dari kandang burung yang tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda dapat memindahkan sangkar atau kandang tersebut ke lokasi yang tenang. Jauhkan sangkar burung dari lokasi yang riuh dan membuat burung stres serta malas untuk berbunyi atau berkicau. Tempat yang sejuk juga direkomndasikan untuk jenis burung ini.

  1. Biarkan Burung Melakukan Adaptasi dengan Sangkarnya

Selain lokasi dari kandang atau sangkar burung yang ada, Anda juga harus mebiarkan burung tersebut untuk beradaptasi dengan sangkarnya. Misalnya adalah untuk memberikan waktu pada burung agar terbiasa dengan tempat makanan yang ada serta tempat untuk bertengger di sangkar tersebut. Karena tak dapat dipungkiri bahwa sangkar yang ada juga akan memiliki perbedaan dengan habitat alam asli yang dimilikinya.

  1. Berikan Makanan Alami yang Manis dan Segar

Tips berikutnya agar kicau kepodang semakin sering terdengar dan memukau, Anda dapat memperhatikan masalah asupan makanan bagi mereka. Pastikan untuk  memberinya jenis makanan yang manis dan juga segar. Misalnya adalah makanan dari je nis buaha buahan tertentu yang memiliki citarasa tersebut. Contoh buah yang dapat Anda pberikan adalah buah pepaya dan juga buah mangga yang berasa segar dan juga manis.

  1. Tambahkan Makanan Serangga untuk Burung Tersebut

Variasi makanan yang diberikan untuk burung tentu juga harus diperhatikan dalam masalah ini. Di alam bebas, burung yang memiliki bulu berwarna cantik ini memiliki variasi makanan yang berbeda. Misalnya adalah makanan berupa buah buahan, biji biian, dan juga serangga. Contoh jenis serangga tersebut adalah jangkrik, ulat bambu, dan ulat hongkong. Dengan memancing suara suara alam di sekitar kandang juga akan berperan pada kicau kepodang tersebut.

Banyak jenis burung yang dapat dipelihara untuk burung hias di rumah misalnya adalah burung dari jenis kepodang. Namun untuk membuatnya semakin rajin berkicau dan memiliki suara yang smeakin menarik juga diperlukan tips tertentu yang harus Anda perhatikan. Misalnys adalah dari segi kandang dan juga makanan yang diberikan kepada mereka. Memancing burung dengan suara alam atau suara burung lainnya juga akan memantu kicauan yang ada.

 

By Raju